Kartikajaya - PENYALURAN BLT-DD UNTUK WARGA DESA

PENYALURAN BLT-DD UNTUK WARGA DESA

Apa itu BLT DD ( dana desa )

BLT DD yaitu Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa.

BLT adalah salah satu program pemerintah untuk warganya yang terkena dampak dari Covid-19 agar ekonomi dan kesehatan warga masyarakat berangsur membaik. Adapun kriteria  bagi warga masyarakat yang berhak menerima bantuan ini.

Intruksi Presiden Joko Widodo untuk pemanfaatan anggaran Dana Desa, yakni anggaran tersebut harus dirasakan oleh seluruh warga desa di Indonesia dan dampak pembangunan desa harus lebih dirasakan melalui pembangunan desa yang terfokus. Di tengah pandemi Covid-19, anggaran Dana Desa dialihkan sebagian menjadi jaring pengaman sosial melalui program Bantuan langsung tunai dana desa, sasaran penerima BLT DD ini merupakan masyarakat desa yang masih membutuhkan bantuan ekonomi seperti masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya akibat Covid-19, masyarakat yang belum terdata pada kelompok penerima bantuan sosial lainnya, dan masyarakat yang memiliki anggota keluarga dengan sakit kronis.

" Ketika perekonomian melemah akibat Covid-19, satu-satunya yang bisa diharapkan memang stimulus keuangan yang merupakan kebijakan pemerintah. Program BLT DD ini sangat membantu untuk mendorong konsumsi masyarakat. Karena sisi permintaan inilah yang paling terdampak oleh pandemi dan ini menekan belanja masyarakat" ,ujar Teguh Yudo Wicaksono, Head of Mandiri Institute.

 

 

 


Dipost : 23 September 2021 | Dilihat : 1107

Share :